Berita Terkini :

BERITA TERBARU

Keluarga, Pondasi Utama Pembentukan Karakter Anak

Kamis, 09 Februari 2012

Oleh Tarwiyah


Kebanyakan mereka yang tinggal di kota-kota besar berharap sekolah dapat berperan membentuk karakter anak, selain tentunya berfungsi sebagai tempat untuk menimba ilmu.

Namun, kunci pembentukan karakter dan fondasi pendidikan yang paling utama adalah keluarga. Dan sekolah hanyalah pelaksana proyek dari pendidikan karakter anak.

Sekolah yang ideal adalah sekolah yang juga dapat membantu para siswanya untuk mencari kebenaran, bukan hanya mengajarkan sesuatu yang mereka sukai. Karena itu, dalam memperoleh pendidikan, diperlukan kebijaksanaan agar pengetahuan ini berguna bagi anak didik dan juga masyarakat.

Pendidikan juga merupakan sebuah kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat tindakan edukatif dan didaktis yang diperuntukkan bagi generasi yang bertumbuh. Dalam kegiatan mendidik, manusia menghayati adanya tujuan-tujuan pendidikan, baik jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang.

Selain membekali para siswanya dengan ilmu, tentunya sekolah juga harus membentuk siswa menjadi bagian dari masyarakat yang baik. Terlepas dari penting dan besarnya peranan sekolah sebagai “pencetak” langsung sumber daya manusia (SDM), namun fondasi utama pendidikan adalah tetap keluarga. Sekolah hanya berfungsi sebagai 'kontraktor' pendidikan dari rumah.

Apa yang diajarkan di sekolah adalah aplikasi serta pengembangan dari setiap pengetahuan dasar yang diperoleh dari rumah. Pembentukan karakter dan moral serta etika, sebaiknya sudah dilakukan sebelum si anak berangkat ke sekolah.

Kunci keberhasilan pembentukan karakter seorang anak terletak pada keluarga, sebab keluarga menjadi wadah pembentukan karakter yang utama dan pertama. Semua kita seharusnya menyadari akan hal itu.

Kendati ada sekolah dan lingkungan masyarakat yang turut membentuk kepribadian seseorang, namun tetap kunci utama terletak pada orangtua. Karena orangtua tidak hanya mendidik anak sewaktu kecil, tetapi sampai mereka dewasa.

Namun masalahnya, bagaimana setiap keluarga dapat melaksanakan tugas itu dengan semaksimal mungkin. Mari kita didik anak-anak kita dengan pendidikan dan pembetukan karakter, moral dan etika yang dilandasi dengan cinta kasih orangtua kepada mereka. Agar kelak, saat mereka sudah dewasa mengerti akan arti pendidikan dan tanggungjawab yang diemban orangtuanya dahulu. Wallahua’lam




Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright PKS Pesanggrahan 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.