Berita Terkini :

BERITA TERBARU

Tangan dan Kaki akan Beri Kesaksian

Kamis, 08 Maret 2012

Oleh Pramana Asmadiredja

Allah SWT berfirman, “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”. (QS Yasin: 65).

Kita seringkali membaca Surat Yasin setiap malam Jumat atau dalam berbagai aktifitas tilawah. Namun, apakah kita pernah mencoba membaca artinya atau menelaah dari ayat-ayat yang terkandung di dalamnya. Betapa perilaku keseharian kita dirasakan aman dari orang lain, dari penglihatan dan pendengaran mereka.

Saat itu, ketika ada kesalahan yang dilakukan, seolah kita merasa dapat berlindung dan bersembunyi dari orang lain. Apalagi tidak ada yang melihatnya. Namun Allah SWT, Yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui, pastinya mampu mengawasi kita secara detail selama 24 jam.

Karena tak sedetikpun kita semua lepas dari pengawasan Allah SWT. Bahkan jika ada daun kering yang gugur dan jatuh ke tanah, pastilah Allah SWT mengetahuinya. Ayat diatas menunjukan bahwa nanti di akhirat, mulut kita akan terkunci, lalu tangan dan kaki kita berbicara dihadapan Allah SWT. Allah SWT akan merekam seluruh aktifitas hidup kita semasa di dunia, hanya dengan sekali rekaman.

Betapapun hebatnya kita, rupa dan fisik kita, pastinya semua itu dihadapan Allah SWT bukanlah siapa-siapa. Saat kita dihadapan-Nya tak akan bisa berkelit apalagi berbohong ketika mulut terkunci, lalu tangan dan kaki akan menjadi saksi atas seluruh langkah dan perbuatan selama kita ada di dunia. Sudah siapkah kita menghadap Allah SWT hanya dengan amal dan aktifitas yang sedikit.

Bisa jadi kita bukan orang yang merasa beruntung di dunia, tidak bisa menikmati kelayakan hidup seperti kebanyakan orang yang sukses. Namun, jangan sampai kebahagiaan abadi di negeri akhirat dibiarkan terenggut kelalaian kita dalam menggunakan waktu kita.

Pergunakan jiwa, hati dan raga kita untuk kemanfaat bagi sesama, bersama berjuang di tengah barisan orang-orang baik dan selalu merindukan perbaikan diri dan mencari keridhaan Ilahi. Wallahua’lam

***

Ketika Tangan Dan Kaki Berkata” (alm. Chrisye)

Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lagi
Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita
Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya
Tidak tahu kita
Bila harinya
Tanggung jawab, tiba...
Rabbana
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kami
Mata hati kami
Luruskanlah
Kukuhkanlah
Di jalan cahaya
Sempurna
Mohon karunia
Kepada kami
HambaMu
Yang hina


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright PKS Pesanggrahan 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.