Berita Terkini :

BERITA TERBARU

Pernikahan, Sesuatu yang Sakral dan Agung

Minggu, 04 Maret 2012

Oleh Pramana Asmadiredja


Beberapa waktu lalu, saya dan istri menghadiri akad nikah seorang kawan istri, Mirna (33), yang baru saja mengakhiri masa lajangnya dengan seorang pria bernama Ahmad Jazuli (35) pada Sabtu, 25 Februari 2012 lalu.

Sungguh mengesankan, karena akad nikah dan resepsi sekaligus diadakan sangat sederhana sekali, dengan khutbah nikah yang juga cukup singkat oleh KH Ahmad Zarkasih, pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Bekasi. Selamat membaca.

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan agung. Ada beberapa hal agar dalam mengarungi kehidupan itu mendapat keberkahan dalam hidup. Pertama adalah luruskan niat pernikahan karena apapun akan tergantung niatnya. Berkaitan dengan ini, maka niat pernikahan harus betul-betul ikhlas, pernikahan harus didasari semata-mata untuk mencari keridhaan dari Allah SWT.

Yang kedua, harus diingat bahwa nikah merupakan bagian dari ibadah. Olehh karena itu dengan menikah harus menjadi pendorong untuk ibadah lebih baik lagi. Kerjakan yang diperintahkan Allah SWT dan jauhi larangan-Nya, datangi tempat pengajian untuk menuntut ilmu, ramaikan Masjid dan jangan lupa kerjakan juga ibadah sunah.

Yang ketiga, miliki akhlak yang baik dengan cara menghormati kedua orang tua karena bagimanapun kita adalah berasal dari mereka. Selain itu, tentu harus dipelihara juga hubungan yang baik sesama saudara atau tetangga lainnya.

Dan terakhir, bahwa sekalipun sebagai manusa penuh dengan kesibukan, jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk memajukan umat dengan cara ikut aktif dalam kegiatan sosial karena sebagai sesama manusia kita membutuhkan satu sama lainnya. Insya Allah apabila ke empat hal di atas dilaksanakan, maka akan mendapat keberkahan dalam hidup.

Pesan di atas sebetulnya bukan hanya untuk pengantin baru saja tapi juga tentu untuk keluarga lannya yang sudah malang melintang mengarungi kehidupan lama agar tetap langgeng sampai kakek nenek. Selamat menempuh hidup baru, semoga mendapatkan keluarga yang penuh dengan keberkahan, sakinah mawadah warahmah. Wallahua'lam




Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

 

© Copyright PKS Pesanggrahan 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.