Berita Terkini :

BERITA TERBARU

Rumah Tangga Ideal, Dambaan Kita

Rabu, 08 Februari 2012

Oleh Tarwiyah


Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa”. (QS Al Furqan: 74 ).

Rumah Tangga yang ideal menurut ajaran Islam adalah rumah tangga yang diliputi sakinah (ketentraman jiwa), mawaddah (rasa cinta) dan rahmah (kasih sayang). Agar rumah tangga dan keluarga ideal maka pasangan suami istri harus memahami makna, tujuan dan fungsi rumah tangga.

Selain itu, pasangan baru yang akan mengarungi bahtera rumah tangga harus mempersiapkan di antaranya mental, mengenali pasangan, menyusun agenda kegiatan, mempelajari kesenangan pasangan, adaptasi lingkungan, menanamkan rasa saling percaya, musyawarah serta menciptakan suasana Islami.

Dalam rumah tangga yang Islami, suami-istri harus saling memahami kekurangan dan kelebihannya serta harus tahu pula hak dan kewajibannya serta memahami tugas dan fungsinya masing-masing yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Dengan demikian upaya untuk mewujudkan pernikahan dan rumah tangga yang mendapat keridha'an Allah SWT dapat terealisir. Tetapi mengingat kondisi manusia yang tidak bisa lepas dari kelemahan dan kekurangan, sementara ujian dan cobaan selalu mengiringi kehidupan manusia, maka tidak jarang pasangan yang sedianya hidup tenang, tentram dan bahagia mendadak dilanda ‘kemelut’ perselisihan dan percekcokan.

Marilah kita berupaya untuk merealisasikan pernikahan secara Islam dan membina rumah tangga yang Islami. Disamping itu wajib bagi kita meninggalkan aturan, tatacara, upacara dan adat istiadat yang bertentangan dengan Islam. Wallahua’lam



Share this Article on :

0 comments:

Posting Komentar

 

© Copyright PKS Pesanggrahan 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.